CARA MENGUJI ROBOT TRADING

Untuk mengetahui profitable tidaknya sebuah robot trading atau EA kita harus melakukan uji coba menggunakan real data dari server broker metatrader. Sebuah Expert Advisor bisa di uji dengan menjalankannya pada komputer yang online terus menerus ( forward test ) untuk mendapatkan hasil performansi beberapa waktu ke depan. Tapi cara ini dinilai kurang praktis karena kita harus menunggu dalam waktu yang cukup lama sampai mendapatkan hasil performansi yang diinginkan.
Cara yang lebih praktis dan mudah untuk menguji EA adalah dengan cara menggunakan data history beberapa waktu ke belakang ( Backtest ) melalui fasilitas strategy tester pada software metatrader. Dengan cara ini kita tidak perlu menjalankan EA secara terus menerus di komputer yang terhubung ke internet, hasil performansinya pun lebih cepat untuk didapat.
Untuk mendapatkan hasil backtest sebuah EA silahkan ikuti langkah berikut ini : Install Expert Advisor. Pastikan bahwa Expert Advisor yang akan di uji telah terpasang. Buka Windows Explorer. Buka Folder : C:\Program Files\SIGTrader\experts. Apabila Expert Advisor nya belum terlihat(terpasang), cari filenya dan Copy Paste kan di Folder tsb. Download Data History.
Untuk mendapatkan Data History yang lengkap. Download di
http://www.alpari-idc.com/en/dc/databank.php. Pilih File M1_GBPUSD.zip. Simpan pada folder yang mudah anda ingat. Kemudian extract, anda akan dapatkan file: ‘GBPUSD1.hst’.Jalankan program metatrader di komputer anda dan pastikan komputer anda tidak terhubung dengan Internet.
Apabila tampil dua layar yang menawarkan anda untuk membuka New Account Demo, Close kedua layar tersebut. Tutup semua chart (grafik). Kemudian klik menu : Tools > Option. Klik Tab Charts. Pada bagian Max bars in history dan Max bars in chart ketikkan 999999999999, kemudian klik OKSelanjutnya tutup kembali program metatrader anda. Kemudian buka folder C:\Program Files\SIGTrader\history\SIG-Demo.com. Kemudian hapus semua data GBP/USD

Jalankan lagi koneksi internetnya dengan tetap tanpa koneksi internet. Klik Menu : Tools > History Center. Klik pada data 1 minute ( M1) Apa bila ada beberapa baris data yang tersedia, Delete semuanya hingga yang tampak hanya layar putih kosong.

<

Klik Import untuk menampilkan jendela Import, kemudian klik Browse cari file ‘GBPUSD1.hst’. Tunggu hingga terisi data seperti pada gambar. Klik OK. Klik Close. Kemudian buka Chart GBPUSD. Sett pada Time Frame M1. Sekarang anda sudah mendapatkan data M1 selama beberapa tahun kebelakang.

Mengkoversikan Data History M1 ke TimeFrame Lainnya. Perhatikan pada bagian Navigator. Klik pada bagian Scripts/periode_converter. Klik Tab Inputs, Terlihat baris ExtPeriodMultiplierdengan Value = 3. Ganti 3 dengan 5 untuk merubah ke TimeFrame 5 menit. Klik OK.

Script akan mengkonversikan data dalam waktu 1 atau 2 menit. Buka Folder C:\Program Files\SIGTrader\history\SIG-Demo.com. Perhatikan file GBPUSD5.hst, refresh secara berulang hingga Size File sudah tidak berubah lagi.

Kemudian ubah Time Frame M1 menjadi M5. Akan tampil sebuah layar peringatan yang akan menanyakan apakah anda akan menghentikan script. Klik Yes .

Kembalikan Time Frame ke M1. Ulangi langkah no:11 diatas dari awal. Klik Scripts/periode_converter. Ganti Value dengan 15 Untuk TimeFrame M15, 30 untuk M30, 60 untuk H1, 240 untuk H4, 1440 untuk D1 dan 10080 untuk W1. Apabila selesai Tutup Program MT4. Kemudian buka kembali (pastikan anda sedang tidak terhubung dengan Internet).
Buka kembali menu Tools > History Center. Double Klik Symbol GBPUSD. Check masing TimeFrame apakah masing-masing dimulai dari tanggal yang sama?. Apabila ya, maka konversi sukses. Menguji Kualitas EA dengan Strategy Tester MT4 . Pastikan anda sudah memiliki akun demo. Buka Menu View > Strategy Tester. Isikan sesuai terlihat seperti gambar dibawah ini.

Perhatikan pada bagian Expert Advisor. Adalah nama Expert Advisor yang akan kita uji. Tekan tombol Expert Property Untuk menampilkan layar property seperti gambar berikut :

Initial Deposit adalah jumlah modal awal yang akan dipergunakan. Positions adalah jenis transaksi yang akan di eksekusi. Long berarti beli dan Short berarti jual. Sesuaikan dengan Gambar. Kemudian Klik Tab Inputs. Cuma ada tiga variable yang perlu anda ganti yaitu Lots, AccountIsMicro dan MM.

Untuk melihat hasil transaksi yang berjalan klik menu Tab Graph.

Pada bagian mendatar adalah angka-angka yang menyatakan jumlah transaksi. Sedangkan vertikal adalah Nilai Balance yang anda miliki. Untuk melihat History Transaksi klik menu Tab Result. Apabila telah selesai anda bisa melihat laporan kualitasnya pada menu tab Report. Perhatikan Mismatched charts error harus bernilai 0. Klik kanan pada layar, kemudian klik Save As untuk menyimpan laporan dalam bentuk file html.
SELESAI

Terimakasih telah membaca CARA MENGUJI ROBOT TRADING.Dan anda adalah pembaca yang ke 1306 kalinya,semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *